Testimonial

Testimonial dari customer kami baik dari facebook, bbm, sms, wa, dan media komunikasi kami yang lainnya. Testimonial di halaman ini adalah sebagian dari testimonial kami. Untuk melihat testimonial lengkap kami, silahkan cek di Halaman Testimonial Bagian 2 yang memuat informasi lebih lengkap (catatan: besar halaman sekitar 20MB).


Cara Membedakan Toko Online Penipu dan Terpercaya

Khususnya bagi calon pembeli yang awam dalam berbelanja online, kami berusaha membantu dengan memberikan beberapa tips dan alasan mengapa berbelanja online di kami aman, silahkan anda cek sendiri tips ini terhadap toko online kami :-) Berikut adalah beberapa hal yang bisa di cek:

  1. Cek dan amati account media sosialnya (misal: Facebook Fanpage/Kaskus/Tokopedia/Tokobagus/Buka Lapak) apakah ada komentar-komentar dari pengguna lain yang masuk. Cek apabila mereka selalu menjawab pertanyaan yang masuk. Penipu akan selalu berusaha menghapus/membatasi komentar negatif.
  2. Semakin banyak media sosial yang dimiliki, semakin kecil kemungkinan toko online tersebut menipu. Karena berarti toko online tersebut cukup nyaman dan percaya diri menerima setiap komentar yang masuk di berbagai media sosial tersebut tanpa perlu was-was akan adanya komentar negatif.
  3. Cek di mesin pencari (search engine) dengan nama toko tersebut dan tambahkan keyword "penipu" atau "penipuan" atau "tertipu". Contohnya: google: "tas123 penipu", google: "tas123 penipuan", dan google: "tertipu tas123", lihat hasilnya dan cek tanggapan orang-orang apakah ada tanggapan yang negatif. Anda dapat pula melakukan pengetesan dan membandingkan dengan hasil pencarian dengan berbagai kata kunci lainnya, seperti: tas123 terpercaya, tas123 aman, tas123 jujur, dan lain sebagainya.
  4. Cek testimoni pelanggan, apabila memungkinkan ajak komunikasi pelanggan-pelanggan sebelumnya.
  5. Apabila toko online tersebut menerima reseller, maka akan lebih banyak reseller/orang lain yang mengandalkan toko online tersebut. Apabila toko online tersebut sudah lama menerima reseller, maka semakin kecil kemungkinan toko online tersebut menipu, karena telah teruji oleh waktu.
  6. Waspada terhadap penjual yang masih baru: cek umur domainnya, cek umur media sosialnya.
  7. Waspada terhadap penawaran barang yang seharusnya bernilai tinggi tapi ditawarkan dengan harga miring.
  8. Cek nomor telpon toko online, apakah juga dipergunakan untuk berjualan yang lainnya di internet. Apabila ragu dapat mengkonfirmasi pada pihak toko online yang bersangkutan. Contoh nomor telpon penipu (bukan nomor telpon kami, tetapi benar-benar penipu): 085645805404 bisa di cek lewat www.google.com/search?q=085645805404
  9. Cek gaya bicara customer service dari toko online tersebut. Penipu akan cenderung mendesak calon pembeli untuk membeli dan men-transfer-kan uangnya. Toko online yang asli akan memberikan pelayanan yang ramah dan profesional pada jam kerja normal.
  10. Menyertakan testimonial "palsu" (testimonial yang dibuat-buat). Biasanya gaya bahasanya akan cenderung memuji-muji produknya atau pemilik toko online-nya setinggi langit (baca: berlebihan) :D
    Umumnya testimonial asli akan memberikan pujian, tetapi tidak sampai berlebihan.
  11. Menggunakan layanan gratisan seperti toko.tk atau toko.wordpress.com atau toko.blogspot.com atau toko.co.nr dan account-account website yang bisa didapatkan secara gratisan, dengan tampilan yang kurang profesional, umumnya kredibilitasnya agak meragukan. Toko dengan alamat website sendiri belum tentu juga tidak menipu, tetapi seharusnya toko online yang serius berbisnis online akan cenderung memiliki website sendiri, dengan penampilan yang profesional.
  12. Apabila penjual online memiliki Fanpage, bisa di cek profile dari orang-orang yang menuliskan komentar di fanpagenya. Penipu online akan cenderung menggunakan account facebook palsu untuk memberi kesan bahwa seakan-akan Fanpage-nya ramai customer. Profil facebook yang asli dan palsu bisa dengan mudah dibedakan: account facebook yang asli biasanya memiliki friend yang wajahnya di tag di bagian album fotonya. Account yang palsu biasanya tidak terhubung dengan account facebook yang lain, biasanya tidak akan ada wajah teman yang di tag di album fotonya.
  13. Penjual Online yang menipu tidak akan memberikan ulasan mendetail seperti ini, ulasan mengenai bagaimana cara mengecek si penjual itu menipu atau tidak
  14. Jangan mudah percaya setiap apa yang ditulis di website, melainkan cek jumlah Fanpage Facebook-nya (selain juga isinya). Jangankan Fanpage yang memiliki 100.000 fans, apabila sebuah Fanpage hanya memiliki 20.000 fans saja tentunya akan membutuhkan waktu dan perjuangan yang lama untuk mendapatkan semuanya itu, dan tidak akan mungkin gegabah dengan mengorbankan semuanya itu demi menipu 1 juta rupiah, atau terlebih lagi kalau hanya 100 ribu rupiah :D

Semoga tips-tips di atas dapat membantu anda menentukan pilihan toko online anda kedepannya :-)

Catatan: tas123 Terpercaya dan tas123 Bukan Penipu.